Pemain dibentuk
menjadi 2 tim atau champion, 3v3, 5v5, 19okt 2011 ada 85 macam champion
dirilis. Setiap tim akan memulai permainan dari sisi map yang disebut
"fontain", dekat dengan "nexus". Pertandingan dimenangkan
jika nexus dari lawan hancur. Untuk menghancurkan nexus, setiap tim harus
melawan beberapa tower terlebih dahulu. Tower2 tersebut disebut turrets, letaknya
di sepanjang jalan yang disebut "lane".
Di setiap
permainan, pemain dapat menambah level dengan cara membunuh champion lawan dan
minion (monster kecil yang terkadang muncul menyerang pemain), dan mengalahkan
neutral monster (yang dapat mengeluarkan buff crests upon death). reward untuk
pemain yang menyelesaikan misi adalah gold untuk membeli barang. dalam League
of Legends, pemain memulai dari level 1 pada permulaan pertandingan dan
mencapai level maximum 18 dengan champion mereka, menaikkan 4 level berbasis
berbeda dengan kemampuan yang spesifik.
Sejarah game
League of Legends
dibuat oleh perusahaan developer game yang bermarkas di Los Angelos, yaitui
Riot Games. Game ini boleh dikatakan merupakan inspirasi dari game Warcraft III
DotA yang terkenal itu. Dan Steve Feak yang merupakan salahsatu dari tim yang
membuat map DotA, yang dimana kini menjadi pimpinan dalam pembuatan game League
of Legends. Dilihat segi gameplay dari game ini memang mirip dengan DotA. Namun
Riot Games menawarkan beberapa keungulan lain yang tidak dimiliki DotA Seperti
fitur kustomisasi pada monster summon.
Inti utama game ini
menawarkan pertempuran para Champion di game ini. (jika di DotA, dinamakan
Heroes). Dimana pemain akan mengontrol salahsatu Champion dan bersama pemain lainya
berusaha mengalahkan tim lawan. Dan seiring berjalannya permainan, performa
Champion akan terus berkembang. Baik itu dalam level, kekuatan serangan,
pertahanan, dan abilitinya. Di game ini, Champion akan memiliki status karakter
seperti halnya pada game MMORPG. Seperti level, tipe champion, jumlah Health,
tingkat serangan, jumlah spell, dan sebagainya.
Satu perbedaan yang
cukup mencolok antara DoTA dan LoL adalah bahwa di LoL Snowball effect akan
benar2 tidak terasa. apa itu snowball effect? ya snowball effect adalah apabila
pemain yang mampu menghabisi sebagian dari resouce atau hero pemain lain maka
ia akan mendapatkan keuntungan karena pemain yang di habisi harus mengejar
ketinggalannya tersebut. Sementara pemain yang menghabisi akan mendapatkan keunggulan
karena mendapatkan resource atau gold tambahan. Hilangnya snowball effect di
LoL memungkinkan pemain yang feed atau ATM(istilah untuk pemain yang sering
mati) untuk mendapatkan kesempatan kedua dan mengejar ketinggalannya dengan
cukup cepat. Itu sebabnya pemain di LoL lebih pemaaf apabila ada feeder/ATM di
tim mereka. Dan dari sebab yang sama pula membunuh lawan tidak menjamin
kemenangan bagi tim.
Jenis Permainan
League of legends
adalah game bersesi, dan system pencarian lawan tanding didasarkan pada system
"Elo rating" dari setiap pemain. Game ini dapat dimainkan dengan 5
metode berbeda : tutorial, custom, co-op vs al, normal dan ranked.
Tutorial
Pemain baru bisa
memilih mode ini untuk mengetahui lebih jauh tentang permainan ini. Disini
player bermain secara "offline", dan pemain akan diarahkan mengenai
cara mengontrol karakter dan menyelesaikan goal dalam mode ini.
Custom
Mode ini bisa
digunakan oleh player untuk membuat "custom room" sendiri, dan pemain
lain bisa mencarinya di bagian "game list". Pemilik "room"
bisa menambahkan bot(AI), membuat password pada room dan men-set maximal pemain
yang bisa ikutan.
Co-op vs AI
Mode pertandingan
melawan bot(AI). Pemain bisa bermain secara individu ataupun bersama dengan
player lain untuk melawan bot(AI). TIngkat kesulitan bot(AI) bisa diatur juga.
Mode ini hanya tersedia untuk map 5 vs 5.
Normal
Di mode ini, pemain
bisa mengantri untuk masuk dalam "match-making(pencarian lawan secara
otomatis)", baik individu maupun tim(pemain bisa membuat tim terlebih
dahulu baru kemudian memulai pencarian di match making), dan server akan secara
otomatis mencarikan lawan, dan memperhitungkan agar kemungkinan kedua tim
tersebut mempunyai 50% kemungkinan untuk menang(System mencarikan lawan yang
seimbang yang dilihat dari system "Elo").
Ranked
Di awal season
satu(13 July 2010) mode ini hanya bisa di akses oleh pemain dengan level 20
keatas, kemudian dirubah menjadi pemain level 30 keatas. Mode ini mirip dengan
Normal mode, hanya saja ada 2 perbedaan yang menonjol :
Menggunakan draft
mode dimana setiap tim boleh mengambil 2 champions, sehingga tidak ada yang
dapat menggunakan champion tsb dan masing2 tidak bisa menggunakan champion yang
sama (misal si A pakai champion Ezrael, maka tim B tidak bisa memakai Ezrael).
kamu juga dapat melihat lawanmu memilih champion, sehingga kamu dapat
menyesuaikan champion yang akan kamu pakai menjadi lawan champion lain.
Visible rating
didasarkan pada performance pemain dan ditempatkan sesuai rating dan top tim.
Top tim ini memiliki kesempatan untuk bersaing merebut $100.000 pada akhir
season.
Maps
Pemain dapat
memilih beberapa map:
1.Summoner's Rift
mirip dengan dotA, memiliki 3 line dan total 5 pemain disetiap sisi.
2.Twisted treeline,
map yg lebih kecil, terdapat 2 line dan total 3 pemain disetiap sisi.
3.Crystal scar, ini
adalah map yang baru diluncurkan tanggal 26 Sept 2011.
Dalam 1 match,
masing2 tim punya jumlah pemain yang sama, dan masing2 punya "base"
sebagai tempat respawn, tersedia juga "item shop" dan
"nexus". masing2 base terhubung oleh line dan tentunya ada minion2
yang spawn dari nexus, akan menyerang setiap musuh yang mereka jumpai. Di
sepanjang line sendiri juga terdapat deretan "turret" yang aktif
dalam jangkauan jarak yang akan menembak musuh ketika mendekat. Sekali
"turret" ini dihancurkan, maka "turret" tak dapat dibangun
kembali. Ada elemen baru dalam LoL, inhibitor, terdapat di setiap ujung line,
dan setiap tim yang menghancurkan "inhibitor" lawan, pasti akan
muncul super minion yang kuat dari sana. inhibitor tidak seperti
"turret", sekali dihancurkan maka akan otomatis respawn setelah
beberapa saat.
Selain line, map ini juga memiliki
"hutan" yang berisi "neutral monster". Pemain bisa membunuh
monster - monster di hutan untuk mendapatkan gold dan exp.
Tujuan dari setiap
tim adalah menghancurkan "nexus" tim lawan, kemenangan diraih bagi
tim yang terlebih dahulu menghancurkan "nexus lawan". Bisa juga
dengan cara lawan menyerah, menggunakan sistem voting (15menit utk twisted
treeline, 20 mnt utk summoners rift).
Dominion
Sebuah tipe baru
game oleh Riot Games, yang diluncurkan pada 26 Sept 2011, membawa action yang lebih
cepat dan taktikal untuk permainan di map baru, the crystal scar, dan fitur
capture and hold style. pemain memilih champion seperti dalam standar summoners
rift, tapi inhibitor dan turret ditiadakan. sebagai gantinya, map disediakan 5
capture point. tangkap 1 dari 5, maka akan berubah menjadi turret untuk tim
penangkap dan men-spawn minions yang di-spawn oleh nexus pada map summoners
rift dan twisted treeline. persediaan item pun berbeda pada dominion, ada yang
dimiliki summoners rift tapi tidak di twisted treeline, dan ada beberapa yang
baru. 2 summoners spell tersedia di standar game juga ditiadakan, diganti
dengan 2 yang baru. tipe game yang baru ini dibuat dengan waktu yang lebih
pendek dari 45menit summoners rift, biasanya sekitar 20menit
Summoners
"Summoners"
sebagai elemen yang berpengaruh dalam game, berguna untuk mencatat score dan
statistik setiap pemain. summoners mendapat exp dan influence point dari setiap
battle yang mereka hadiri, dan level naik dengan cara exp yang cukup dan membuka
beberapa cara baru utk influence dalam battle. mereka juga bisa memilih 2 spell
untuk dibawa dalam sesi field of justice, dan berpengaruh bagi gameplay,
cooldown tinggi dan tanpa menguras mana. semua spell dapat diimprovisasi oleh
masteries.
Masteries
Masteries dikenal
juga sebagai skill trees, semua masteries bersifat pasif walau beberapa augment
summoner spells, yg dapat diaktifkan. dibagi menjadi offensive, defensive dan
utility categories. masing2 memiliki 6 tiers, setiap tier pertama di-lock pada
awal permainan, dengan successive tier terbuka dengan 4 point dari grup.
masing2 line dapat membuka skill tertentu, summoner dapat menempatkan 1
point/level (max 30) dalam masteries. masteries dapat digunakan pada saat
battle. 23may2011 pemain diijinkan utk menyimpan beberapa masteries page.
Runes
Mode ini mirip
dengan Masteries, tapi efek terhadap gameplay minor, dikategorikan dalam marks
(offensive), seals (defensive), glyphs (magic), dan quintessence (all purpose).
mereka juga dibagi menjadi 3 tiers, tier yang lebih tinggi memerlukan summoner
level yang lebih tinggi. harus dibuka di store dan memungkinkan utk mempunyai
lebih dari 1 copy rune, summoner harus mengatur rune dalam runebook yang
mempunyai slot terbatas untuk setiap tipe rune. buku ini mempunyai 2 halaman
guna menyimpan 2 jenis rune yang berbeda dan dapat digunakan saat battle.rune
page lain dapat dibeli dari influence point atau riot point, tetapi 7 rune page
combo hanya dapat dibeli dari riot point. ada cara mengkombinasi rune.
kombinasikan 2 tier yang sejajar untuk menciptakan random rune di tier yang
sama, dan kombinasikan 5 tier sejajar untuk menciptakan rune pada tier yang
lebih tinggi.
0 Komentar